Tips Sukses Jualan Online di Tokopedia, Tips Sukses Jual Beli Online di Tokopedia 2019

Memberikan tips dan trik sukses berjualan online di beberapa platform marketplace di Indonesia. Tips sukses berjualan online di Tokopedia ini adalah tips jual beli online terbaru pada tahun 2019. Banyak inovasi baru dilakukan oleh Tokopedia untuk membuat proses jual beli online di paltform mereka semakin up to date dan kompetitif. Hadirnya beberapa fitur baru pada platform marketplace buatan anak bangsa tersebut membuat penjual dapat melakukan banyak inovasi dan update untuk mendukung peningkatan penjualan.

 

Artikel ini akan membahas segala hal yang disediakan oleh platform marketplace Tokopedia yang dapat digunakan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari TopAds atau iklan berbayar di tokopedia hingga fitur terbaru yang baru diperkenalkan pada awal tahun 2019 ini yakni fitur voucher penjual.

 

Tips Sukses Jualan Online di Tokopedia Membandingkan Harga

 

Sama seperti tips sukses jual beli Online di Shopee yang bisa anda BACA DISINI. Pada artikel ini tips pertama dalam sukses berjualan online di Tokopedia adalah membandingkan harga. Membandingkan harga adalah proses yang sangat penting dalam jual beli online.

 

Perbandingan harga produk di Tokopedia
Perbandingan harga produk di Tokopedia

 

(Perhatikan gambar diatas, produk yang sama dijual oleh penjual lain dengan harga 5x lipat)

 

Ketatnya persaingan harga dan banyaknya produk yang sama membuat pembeli dapat dengan mudah membandingkan harga dan memilih produk dari penjual lain yang dinilai memiliki harga yang kompetitif. Selain membandingkan harga, tips sukses jualan online di Tokopedia lainnya, sama seperti Shopee adalah memberikan penawaran diskon atau voucher.

 

Sayangnya di tokopedia belum tersedia fitur untuk membuat sendiri diskon toko seperti yang dimiliki oleh Bukalapak dan Shopee. Promo yang dapat anda berikan di tokopedia adalah cash back dan voucher yang merupakan fitur yang baru saja diluncurkan oleh tokopedia pada akhir tahun 2018 kemaren.

 



Tips Sukses Jualan di Tokopedia Berikan Cashback dan Voucher

 

Cashback seperti pada banyak platform marketplace adalah kembalian uang dalam jumlah tertentu atau presentase tertentu yang ditentukan oleh penjual. Sayangnya di Tokopedia fitur cashback hanya dapat dibuat untuk 5 produk dengan fasilitas gratis. Selebihnya anda harus menjadi gold merchant untuk dapat memberikan cashback dalam jumlah yang banyak.

 

Selain cashback anda juga dapat membuat voucher. Voucher sama dengan cashback yakni dapat berupa nominal uang atau presentase, namun bedanya voucher dapat diatur dengan minimal pembelian. Misalnya minimal pembelian Rp 100.000 anda akan mendapatkan voucher potongan harga 5% atau potongan Rp 10.000. anda dapat membuatnya sendiri di halaman toko anda.

 

Tips sukses berjualan di tokopedia
Tips sukses berjualan di tokopedia

 

(Promo cashback bisa dilihat di kanan atas)

 

Pemberian cashback dan voucher ini adalah berupa nominal uang atau presentase akan diambilkan dari keuntungan produk anda. Misalnya harga beli produk anda Rp 20.000 anda menjualnya dengan harga Rp 40.000 cashback 5% akan diambilkan dari harga Rp 40.000 yang merupakan harga yang anda pasang di iklan tokopedia. Jadi keuntungan bersih anda akan berkurang menjadi Rp 12.000 dikarenakan harga jual Rp 40.000 anda akan mendapatkan penggantian uang Rp 32.000 (Rp 40.000 dikurangi 5% dari 40.0000 dari cashback yang anda buat). Pastikan anda masih memperoleh keuntungan dengan pemberian cashback dan voucher yang anda buat.

 

 




 

 

Tips Sukses Jualan di Tokopedia Manfaatkan Fitur TopAds dan Gold Merchant

 

Tips yang ketiga ini sedikit membutuhkan pengorbanan finansial dan harus anda anggarkan dalam budget promosi toko anda. Fitur TopAds dan Gold Merchant adalah fitur penjual di tokopedia dengan berbagai kelebihan. Pertama kita akan membahas Gold Merchant. Gold Merchant adalah penjual yang diberikan keutamaan di tokopedia.

 

Sebagai Gold Merchant kita dapat mendekorasi toko dengan lebih bagus karena kita dapat mengupload banner toko kita sendiri. Gold merchant juga akan mendapatkan badge atau tanda khusus di iklan yang kita pasang dan di halaman toko kita. Informasi lengkap mengenai fitur yang didapatkan oleh Gold Merchant dapat anda pelajari langsung di Tokopedia.

 

Selanjutnya fitur yang dapat meningkatkan penjualan produk di toko anda adalah fitur TopAds. TopAds seperti namanya adalah Ad atau iklan yang dimiliki oleh tokopedia. Dengan fitur TopAds iklan anda akan berada pada bagian paling atas mesin pencarian di Tokopedia. Fungsinya sama dengan Google Ad atau iklan di Google. Dengan menganggarkan sejumlah uang yang sudah anda setujui dengan tokopedia, anda diharuskan membayar untuk mendapati iklan anda berada pada bagian paling atas pencarian di Tokopedia.

 

Demikian adalah tips sukses jual beli online di Tokopedia dari kami Xplod Company. Untuk keefektifan tips sukses jual beli online diatas anda harus melakukan banyak eksperimen dan uji coba untuk melihat apakah akan efektif atau tidak di toko anda. keefektifan akan sangat bergantung pada kategori produk yang anda jual dan kompetitor anda. Apabila anda menjual produk di kategori dengan banyak pedagang besar menggunakan TopAds bahkan Gold Merchant, maka anda juga harus menggunakan fitur tersebut agar dapat bersaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *