Pesanan Shopee Dibatalkan Setelah Paket Dikirimkan ? Bagaimana Bisa ? Marketplace Spesialis

Pada artikel ini kita akan membahas salah satu peristiwa yang cukup mengherankan yang terjadi pada bulan April 2021 di salah satu platform marketplace no 1 di Indonesia yakni Shopee. Peristiwa tersebut adalah dibatalkannya beberapa pesanan yang sudah terlanjur dikirimkan oleh penjual. Bagaimana bisa ?

 

Peristiwa ini kami alami beberapa kali di toko online Xplod Company. Sampai sejauh ini belum ada kejelasan bagaimana peristiwa ini bisa terjadi dan apa yang menyebabkan terjadinya pembatalan pesanan yang sudah dikirimkan.

 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa sebuah pesanan yang sudah diproses dan dikirimkan seharusnya tidak bisa dibatalkan mengingat paket akan stuck di jasa ekspedisi.

 

Lantas pembatalan pesanan di Shopee ini bisa terjadi ? Pertama yang perlu dipahami adalah pesanan ini datang dari akun – akun yang bersifat aneh dan tidak wajar.

 

Akun – akun pembuat pesanan ini bernama random, dengan waktu dibuat yang hanya beberapa jam ke belakang. Singkatnya, akun – akun ini adalah akun baru yang baru saja dibuat untuk langsung melakukan pesanan.

 

Pesanan dari akun aneh di Shopee dibatalkan
Pesanan dari akun aneh di Shopee dibatalkan

 

 

Anehnya adalah, akun ini memiliki nama penerima dan no HP yang tidak terhubung di whatsapp dan hanya berupa no HP palsu yang tidak aktif. Apakah tujuan dari seseorang membuat akun seperti ini dan kemungkinan pesanan dan alamatnya palsu ?

 

Jika kita coba menelusuri secara independen, kita akan mengetahui bahwa Shopee memberikan program voucher belanja gratis bagi pengguna baru. Sepertinya program ini banyak disalahgunakan orang untuk membuat banyak akun – akun baru untuk mendapatkan voucher belanja tersebut.

 

Dalam prosesnya akun tersebut terlacak oleh Shopee karena mungkin dibuat dan digunakan oleh orang yang sudah memiliki akun Shopee sebelumnya. Tindakan tersebut membuat Shopee menilai bahwa akun baru tersebut adalah akun yang memanfaatkan voucher pengguna baru, padahal sebetulnya mereka sudah memiliki akun – akun lain.

 

Jika diamati, akun – akun tersebut selalu memilih metode pembaran COD dengan nominal COD yang sangat rendah, karena mendapatkan voucher belanja pengguna baru. Lantas bagaimana pesanan COD itu nanti ? apakah benar terkirim ataukah hanya mengarah ke alamat palsu dengan penerima dan order fiktif ?

 

Pesanan dari akun aneh di Shopee dibatalkan
Pesanan dari akun aneh di Shopee dibatalkan

 

 

Ada 2 kemungkinan yang terjadi, pertama apabila kode booking dan pesanan sudah dikirimkan oleh Seller. Apabila itu terjadi maka Seller dapat melacak pesanan tersebut dan setelah terkirim Seller dapat meminta pembayaran pesanan tersebut dari Shopee dengan mengontak CS Shopee. (Dalam kasus ini pesanan tersebut sudah berstatus dibatalkan, yg membuat Seller tidak akan menerima pembayaran)

 

Kemungkinan kedua adalah pesanan yang dibatalkan di tengah jalan meskipun telah dikirim akan kembali kepada Seller yang bersangkutan. Pembatalan pesanan di tengah jalan mungkin terjadi berdasarkan jasa ekspedisi yang menghandle paket tersebut.

 

Banner Jasa Pengiriman Xplod Company Retail & Wholesale Online Store
Banner Jasa Pengiriman Xplod Company Retail & Wholesale Online Store

 

Beberapa jasa ekspedisi menerapkan sistem scan pada setiap proses yang apabila kode booking telah batal, paket tetap tidak akan dilanjutkan dikirim. Sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dimana paket sudah berjalan bisa dibatalkan oleh sistem Shopee, namun terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *