Kampus UMKM Shopee Export Diresmikan, Apakah Penjual Yang Melakukan Export Harus Mengurus Dokumen ?

Sebagai salah satu marketplace spesialis yang ada di Indonesia, pada artikel ini kita akan membahas proses export bagi penjual export di Shopee. Setelah sebelumnya kita membahas peresmian lokasi Kampus UMKM Shopee Export, pada artikel ini kita akan membahas pengurusan dokumen export ketika berjualan dari Shopee. Perlukah penjual Export di Shopee mengurus dokumen Export ? Akan kita bahas pada artikel ini.

 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa proses penjualan produk export di Shopee akan diawali dari penawaran pembuatan toko di website Shopee negara lain. Shopee memiliki website di Singapore, Malaysia, dan berbagai negara di Asean lainnya yang digunakan oleh warga negara masing – masing. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan bahasa yang digunakan pada website masing – masing negara dan kurs atau mata uang di negara bersangkutan.

 

Di Indonesia, kita mengenal Shopee dengan domain Shopee.co.id yang diakses oleh orang di Indonesia. Namun Anda juga dapat membuka Shopee.sg untuk melihat tampilan website tersebut yang diakses oleh orang Singapore. Langkah awal seorang penjual di Shopee untuk dapat melakukan export adalah dibuatkannya toko penjual dalam versi website negara lain.

 

Kampus UMKM Shopee Export Xplod Company
Kampus UMKM Shopee Export Xplod Company

 

Jadi ketika kita akan berjualan lintas negara, akan ada nama toko penjual dalam website negara lain. Contoh yang banyak terjadi adalah dari Singapore, dimana Anda dapat menemukan toko kami Xplod Company di domain Shopee.sg yang merupakan domain dari Singapore.

 

 

Lantas bagaimana proses export barang yang akan kita lakukan nantinya ? Apakah kita memerlukan pengurusan dokumen ? Jawabannya adalah TIDAK.

 

Proses Export untuk menuju ke negara lain sudah di handle oleh Shopee. Yang perlu penjual lakukan hanyalah mengirim paket sampe ke sebuah gudang export khusus yang dimiliki Shopee bernama “Shopee International Platform”.

 

Ketika Anda menerima pesanan dari Singapore, karena orang Singapore membeli barang Anda dari website Shopee.sg Anda hanya perlu mengirimkannya ke alamat tujuan. Alamat tersebut biasanya tertera “Shopee International Platform” yang merupakan gudang Export Shopee.

 

Kampus UMKM Shopee Export Xplod Company
Kampus UMKM Shopee Export Xplod Company

 

Setelah paket sampe ke alamat tersebut proses berikutnya untuk mengirimkannya keluar negeri akan dihandle sepenuhnya oleh Shopee. Kita selaku penjual tidak perlu mengurus dokumen maupun syarat – syarat export. Bahkan uang hasil penjualan sudah akan kita terima setelah paket sampai ke alamat “Shopee International Platform” tidak perlu menunggu barang tersebut sampai ke negara asal pembeli. Menarik bukan ?

 

Selain sebagai salah satu marketplace spesialis yang ada di kota Solo, kami juga memiliki akun penjual di platform Shopee. Temukan toko kami Xplod Company di Shopee. Kami membahas seluk beluk terkait perkembangan platform marketplace yang ada di Indonesia terbaru dan terupdate.

 

Toko Online Xplod Company di Shopee
Toko Online Xplod Company di Shopee

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *