Trend Bisnis Online Terbaru Tahun 2019 Penggunaan Youtube dan Media Lainnya

Membahas berbagai trend bisnis online terbaru di tahun 2019. Membahas trend bisnis dengan menggunakan berbagai media, seperti youtube dan media lainnya. Media seperti gambar dan video pada tahun 2019 ini menjadi elemen yang penting dalam mengembangkan usaha dan bisnis. Berbagai platform penyedia layanan media seperti youtube, slideshare, pinterest, dll mulai dilirik oleh pengusaha online untuk melebarkan sayap di bidang usaha.

 

Bisnis online terus mengalami perubahan dan trend di masyarakat. Pada tahun 2019 ini trend bisnis online dari banyak pengusaha online mulai menggunakan berbagai media berupa gambar dan video untuk melebarkan sayap di berbagai bidang. Seperti yang sudah bahas sebelumnya pada artikel Trend Bisnis Terbaru Menggunakan GMB dan Aplikasi Smartphone, pada artikel ini kita akan membahas trend penggunaan youtube, pinterest dan slideshare untuk keperluan bisnis.

 




 

Trend Bisnis Online Terbaru 2019 Penggunaan Youtube sebagai media promosi

 

Youtube merupakan aplikasi smartphone yang paling banyak digunakan pada sebuah smartphone. Media berbagi video dibawah naungan google ini memiliki jutaan pengguna aktif di Indonesia. Ketika anda mencari sebuah kalimat, cara atau proses dengan menggunakan kata kunci tertentu di google, google akan menampilkan video di youtube apabila ada video yang cocok dengan kata kunci yang anda cari.

 

Misalnya anda mencari dengan kata kunci “Distributor Sandal Swallow” google SERP atau Search Engine Result Page akan menunjukkan beberapa platform di dalamnya yang antara lain adalah youtube. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membuat konten di youtube agar bisnis mereka dapat muncul di halaman pertama di google.

 

Pemasaran produk melalui youtube
Pemasaran produk melalui youtube

 

Pengoptimalan video di youtube dapat dilakukan dengan menggunakan judul yang sesuai, deskripsi dan tags yang sesuai dengan kata kunci yang anda target. Pengoptimalan video di youtube tidak akan kita bahas secara detail pada artikel ini. akan kita bahas dalam artikel lain.

 



Trend Bisnis Online 2019 Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan ketika Membuat Video Youtube sebagai Media Promosi

 

Meskipun youtube merupakan platform yang sangat banyak digunakan untuk memperluas pemasaran dan melebarkan sayap di bidang usaha, namun ada beberapa tips yang sebaiknya tidak anda lakukan ketika menggunakan youtube sebagai media promosi bisnis anda.

 

Pertama, dalam penggunaan youtube sebagai media promosi jangan melakukan spammy konten dengan judul yang hampir sama dengan video yang sama.

 

Hal ini sangat banyak digunakan oleh pengusaha dalam berbagai bidang. Spammy video dan judul pada youtube mungkin akan berakibat buruk pada reputasi perusahaan anda. Promosi yang berlebihan dengan jumlah video yang sangat banyak namun berisi konten yang sama mungkin akan menurunkan kredibilitas perusahaan anda. Hindari melakukan hal ini apalagi dengan menyertakan no HP di dalam judul. Terkesan sangat tidak profesional dan sebuah tindakan putus asa dalam melakukan promosi.

 

Pemasaran produk melalui youtube sembarangan
Pemasaran produk melalui youtube sembarangan

 

 

Kedua, utamakan konten video dan materi promosi yang bagus, jangan hanya mengejar kemunculan di halaman pertama di google karena akan menurunkan reputasi perusahaan anda

 

Muncul di halaman pertama google memang perlu dalam memperluas promosi produk dan bisnis anda, namun apa jadinya jika calon konsumen anda justru berpikir sebaliknya dikarenakan materi promosi anda yang “asal banyak” ?

Membuat konten yang tidak bagus di youtube dapat menurunkan kredibilitas perusahaan anda. Apalagi anda membuat konten dengan materi yang sama berulang – ulang dengan hasil yang asal. Apabila anda memilki banyak lini bisnis, usahakan membuat 1 atau 2 promosi produk anda namun dengan konten video yang bagus.

 



 

 

Ketiga, hindari spammy keyword pada deskripsi video

 

Spammy keyword adalah sebuah hal yang sangat dihindari seorang ahli pemasaran di internet atau internet marketer. Melakukan spammy keyword di youtube juga dapat dikategorikan sebagai sebuah praktek yang harus dihindari. Berikut adalah contoh praktek spammy keyword di deskripsi video.

 

Spammy keyword di youtube

 

Apabila anda membuat video, kemudian anda diharuskan mengisi deskripsi video di youtube pastikan anda mengisikan deskripsi dan penjelasan mengenai video tersebut dalam sebuah kalimat.

Banyak prakek spammy keyword dilakukan dengan model seperti ini :

Contoh anda membuat video mengenai grosir sembako :

Deskripsi spammy : kami merupakan penjual grosir sembako, grosir sembako di jakarta, grosir sembako di surabaya, grosir sembako di semarang, dll

(Sangat tidak dianjurkan)

 

Google dan youtube bahkan berbagai sosial media saat ini sudah mulai melakukan “bersih – bersih” akun dan membersihkan platform mereka dari praktek merugikan seperti ini. Pastikan anda mengikuti aturan pada platform yang anda gunakan untuk melakukan promosi agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *