Tips Meningkatkan Penjualan Produk Toko Online di Marketplace dengan Voucher

Kami merupakan marketplace spesialis, memberikan informasi terbaru seputar perkembangan dunia marketplace di Indonesia. Kami juga merupakan penjual di beberapa marketplace di Indonesia agar mampu memberikan tips dan informasi terbaru mengenai perkembangan dunia marketplace di Indonesia. Pada artikel ini kami akan memberikan tips menggunakan fitur voucher di beberapa platform marketplace di Indoensia.

 

Voucher merupakan fitur baru di beberapa marketplace di Indonesia. Voucher seperti layaknya diskon pada sebuah toko, dapat digunakan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Voucher yang dapat anda buat sebagai penjual di marketplace ada beberapa tipe dan jenis.

 

Tips menggunakan voucher di Marketplace
Tips menggunakan voucher di Marketplace

 

Pertama, voucher dengan presentase potongan harga. Voucher ini sama dengan fitur diskon yang ada di beberapa marketplace yang membolehkan kita memberikan diskon pada produk di toko kita sendiri. Bedanya fitur voucher ini harus digunakan dengan menginput kode voucher yang diciptakan oleh penjual dengan nominal diskon yang tetap. Misalnya anda menerapkan diskon 5% 10% dan 15% pada produk anda, namun anda hanya bisa membuat voucher dengan diskon 5% yang akan berlaku pada seluruh produk di toko anda atau hanya sebagian produk di toko anda.

 

Anda dapat melakukan kombinasi dari potongan harga diatas. Misal anda memiliki 20 produk yang ingin anda diskon, gunakan voucher untuk 10 produk dan gunakan diskon toko untuk 10 produk, ini akan membuat pembeli lebih tertarik membeli produk dari toko anda karena produk yang tidak didiskon, dapat juga mendapatkan diskon dengan metode voucher.

 

Kedua, voucher potongan harga dengan jumlah uang. Voucher ini mirip dengan voucher belanja yang banyak anda dapatkan di mall. Misal dengan minimal pembelian Rp 100.000 anda akan mendapatkan potongan Rp 20.000 dengan voucher tersebut. Voucher ini menggunakan sistem minimal pembelian, dimana anda bebas menerapkannya pada “minimal belanja” berapapun yang anda kehendaki.

 

Tips menggunakan voucher di Marketplace
Tips menggunakan voucher di Marketplace

 

Pastikan anda masih mendapatkan keuntungan dengan nominal pembelian yang anda terapkan. Semakin variatif produk yang anda jual di toko online anda, akan semakin sulit menentukan keuntungan bersih toko anda, dikarenakan keuntungan yang bervariasi dari masing – masing produk yang anda jual.

 

Kedua voucher diatas merupakan voucher yang paling banyak digunakan di platform marketplace saat ini. Ada juga voucher yang mengharuskan anda mengeluarkan jumlah uang untuk anggaran voucher tersebut, namun kami belum pernah mencoba model voucher ini karena akan lebih sulit mengatur cash flow dari toko kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *