Tips Mengenali Toko Asli dan Palsu atau Toko Scrapper di Shopee

Akhir – akhir ini banyak sekali ditemui toko di Shopee yang melakukan copy paste atau menduplikat produk dan toko orang lain. Praktek ini dikenal dengan istilah scrapper atau praktek melakukan copy paste toko dengan sebuah software. Pada artikel ini kita tidak akan membahas bagaimana cara kerja scrapper ini, tetapi kita akan membahas bagaimana cara mengenali toko asli dan toko hasil scrapper atau hasil menduplikat toko lain.

 

Informasi lengkap mengenai scrapper ini dapat anda baca pada artikel kami sebelumnya yakni MENGENAL PRAKTEK SCRAPPER, PRAKTEK MENGKOPI PASTE AKUN DAN PRODUK DI MARKETPLACE. Praktek scrapping ini dilakukan dengan menggunakan software yang dapat secara otomatis mengkopi paste iklan dan produk dari toko lain.

 

Bagaimana cara mengenali toko asli dan toko scrapper?

Ciri – ciri yang paling menonjol dari toko scrapper adalah produknya yang berjumlah ribuan dan waktu bergabung dengan shopee yang singkat. Waktu bergabung menunjukkan berapa lama sebuah akun tersebut sudah mendaftar dan bergabung di shopee. Apabila waktu bergabung sebuah toko baru beberapa minggu, namun memiliki ribuan produk, bisa dipastikan akun tersebut adalah akun scrapper yang menggunakan software untuk menduplikat produk lain.

 

Praktek Scrapper Marketplace
Praktek Scrapper Marketplace

 

Ciri – ciri yang paling menonjol kedua adalah toko Scrapper biasanya memiliki jumlah produk, ulasan dan penilaian yang tidak seimbang. Toko scrapper biasanya memiliki ribuan produk namun hanya sedikit sekali ulasan yang didapatkan. Biasanya ulasan pada toko scrapper tidak lebih dari 10 ulasan.

Toko scrapper juga memiliki reputasi chat dibalas yang sangat buruk. Toko ini memiliki presentase chat dibalas yang sangat kecil. Selain memiliki presentase chat dibalas yang sangat kecil, toko ini juga memiliki waktu pengemasan yang sangat lama biasanya lebih dari 2 hari. Hal ini dikarenakan toko scrapper hanya merupakan toko dropship yang mengandalkan produk dari orang lain. Shopee memberikan notifikasi dengan tanda merah toko yang mencurigakan yang terindikasi melakukan praktek scrapping.

 

Praktek Scrapper Marketplace
Praktek Scrapper Marketplace

 

Praktek scrapping ini dinilai sangat merugikan bagi banyak pihak. Dari sudut pandang marketplace tempat dilakukan praktek ini kredibilitas keamanan dan perlindungan konsumen di marketplace tersebut akan diragukan, penjual yang dirugikan dengan praktek copy paste yang tidak sesuai dengan etika berbisnis, dan konsumen yang dirugikan karena menyebabkan kebingungan ketika akan membeli produk yang diinginkan.

Baik pembeli dan penjual dapat melaporkan praktek scrapper ini apabila toko anda maupun produk jualan anda di copy paste oleh orang lain. Anda dapat melaporkan produk dan toko yang melakukan praktek scrapping dengan fitur laporkan produk dan laporkan pengguna yang ada di bagian kanan atas aplikasi shopee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *