Tips Memilih Bahan Kardus Untuk Packing | Grosir Kardus Packing Polos Solo

Sebagai salah satu pusat grosir kardus packing polos di Kota Solo, kami akan memberikan informasi seputar kardus packing polos. Pada artikel ini kita akan memberikan tips memilih bahan kardus

 

Tips memilih bahan kardus ini berguna untuk berbagai keperluan packing. Tips memilih bahan kardus sangat berguna bagi anda yang ingin membuat kardus untuk berbagai keperluan packing. Kardus untuk berbagai keperluan packing harus sesuai dengan peruntukkan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kardus terlalu tipis, produk yang dipacking rusak, dll.

 

Tips memilih bahan kardus pertama adalah perhatikan ketebalan produk kardus yang anda perlukan.

 

Grosir kardus polos di Solo
Grosir kardus polos di Solo

 

Untuk mengetahui bahan kardus, terlebih dahulu kita harus memahami jenis – jenis kardus yang beredar di Indonesia. Lantas apa saja sih jenis – jenis kardus yang biasa digunakan untuk packing ? Kardus dalam dunia produksinya dikenal dengan istilah “Currogated Boks” atau “Curragated Carton Box” yang merupakan bahan dasar dari kardus yang berarti kardus tersebut berasal dari beberapa lembar kertas kraft yang bergelombang pada lapisan kardus.

 

Pertama kita akan membahas bahan kardus berdasarkan “WALL” atau dinding kardus. Ada 3 kategori “Wall” dalam kardus yakni Single Wall, Double Wall dan Triple Wall. Tidak perlu bingung dengan kosakata ini apabila anda merupakan orang baru dalam dunia perkardusan. Berikut akan kita bahas satu persatu.

 

  • Single Wall

Seperti namanya Single Wall Currogated Box adalah kardus dengan lapisan “Single”. Lapisan Single disini BUKAN berarti hanya 1 lapis, melainkan 3 LAPIS KARDUS. Lantas mengapa disebut Single Wall ? Karena Single Wall Currogated Boks adalah boks dengan spesifikasi dasar dalam keperluan packing. Single Wall adalah kardus dengan 3 lapis kardus yakni lapis pertama kertas tebal di 1 sisi, currogated layer atau kertas bergelombang pada bagian tengah, dan kertas tebal di 1 sisi lainnya. Inilah mengapa 3 Layer box disebut sebagai Single Wall, karena bahan dasar dengan 3 layer ini adalah material paling dasar dalam dunia kardus.

 

  • Double Wall

Jika anda sudah memahami konsep dari Single Wall diatas, anda akan dengan mudah menyimpulkan bahwa Double Wall adalah kardus dengan 2 lapis Single Wall. 2 Lapis Single Wall meliputi kertas tebal di 1 sisi, kertas bergelombang, kertas tebal, kertas bergelombang lagi dan kertas tebal. Sama dengan 2 Single Wall (3 layer) yang digabung menjadi 1 menghasilkan DOUBLE WALL.

 

  • Triple Wall

Spesifikasi selanjutnya dalam tips memilih bahan kardus adalah Triple Wall dengan konsep pembuatan yang sama persis seperti Double Wall. Apabila Double Wall adalah 2 Single Wall digabung menjadi 1, maka Triple Wall adalah 3 Single Wall digabung menjadi 1. Bahan Triiple Wall adalah bahan kardus paling tebal dengan lapis 3 yang membuat kardus ini paling aman dibandingkan yang lain.

 

Contoh Bahan Boks Tips Memilih Boks
Contoh Bahan Boks Tips Memilih Boks

 

 

Kembali ke tips memilih bahan kardus, apakah cukup hanya dengan mengetahui berapa WALL kardus yang kita perlukan untuk packing ?

 

Terdapat 2 elemen lagi yang perlu anda perhatikan dalam tips memilih bahan kardus untuk packing yakni “Flute” dan “Gramatur”. Apa itu Flute dalam bahan kardus ? berikut ini akan kita sampaikan secara lengkap.

Apabila anda sudah memahami konsep dari Wall diatas, maka anda harus membayangkan kembali mengenai layer “Currogated” yang kita bahas diatas. Currogated adalah kertas bergelombang yang ada diantara kardus. Tidak hanya Wall dalam kardus yang memiliki spesifikasi (Single Wall, Double Wall atau Triple Wall), namun Flute atau “layer kertas bergelombang” yang ada di dalam kardus juga memiliki spesifikasi tersendiri yang dikenal dengan FLUTE.

Tips memilih bahan kardus sangat perlu memperhatikan spesifikasi FLUTE sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut adalah daftar FLUTE pada bahan kardus yang biasa beredar di Indonesia :

 

  • G FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang paling tipis dengan ketebalan 0.55mm
  • F FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang dengan ketebalan 0.75mm
  • E FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang dengan ketebalan 1 – 1.8mm
  • B FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang dengan ketebalan 2.1 – 3.0mm
  • C FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang dengan ketebalan 3.2 – 3.9mm
  • A FLUTE = Flute atau lapisan bergelombang paling TEBAL dengan ketebalan 4.0 – 4.8mm

 

Perhatikan bahwa B Flute dan C Flute memiliki spesifikasi yang terbalik. Mengapa B Flute LEBIH TIPIS DARI C FLUTE ? Hal tersebut karena standar dan spesifikasi yang demikian. Standar kardus untuk packing kelas menengah seperti bahan non-pecah belah dengan daya tampung normal sesuai ukuran dan volume (Misal kardus dengan volume PxLxT : 6000) di isi dengan produk tidak sampai 1Kg maka SINGLE WALL B FLUTE sudah cukup aman digunakan seperti Kardus packing polos yang kami jual. Apabila anda menggunakan kardus untuk memuat barang lebih berat dari volume kardus, maka disarankan anda menaikkan spesifikasi produk anda.

 

Contoh Bahan Boks Tips Memilih Boks
Contoh Bahan Boks Tips Memilih Boks

 

Itu tadi adalah 2 elemen yang perlu dipertimbangkan dalam tips memilih bahan kardus dari kami Xplod Company grosir kardus polos di Solo. Namun sebenarnya ada banyak sekali elemen lain yang harus dipertimbangkan apabila anda ingin benar – benar detail dalam pembuatan kardus untuk berbagai kepentingan anda. Salah satu tips memilih bahan kardus yang cukup penting lainnya adalah GRAMATUR pada Kraft kardus.

 

Apabila anda telah memahami konsep “WALL” sebagai Lapisan kertas – karton bergelombang – dan kertas, kemudian konsep “FLUTE” sebagai ketebalan karton bergelombang pada bagian tengah, elemen terakhir adalah GRAMATUR pada Kraft. Gramatur mengacu pada ketebalan LAPISAN KERTAS atau disebut “KRAFT” pada sebuah kardus.

 

Tips memilih bahan kardus, perhatikan lapisan kertas atau dikenal dengan kraft, berapa Gramatur sebaiknya kardus yang kita gunakan ?

 

Terdapat 2 jenis Kraft pada kardus yakni Kraft Putih atau White Kraft dan Kraft Coklat atau Brown Kraft. Umumnya kardus menggunakan Brown Kraft atau kertas lapis luar warna coklat. Untuk Gramatur atau ketebalan Kraft ini sangat beragam. Gramatur yang ada dalam pembuatan kardus terdiri dari 110 gsm, 112 gsm, 120 gsm, 125 gsm, 127 gsm, 140 gsm, 150 gsm, 160 gsm, 175 gsm, 200 gsm, 230 gsm, 275 gsm, 300 gsm, 430 gsm, 440 gsm, hingga 469 gsm. Namun produsen pembuat kardus polos di Indonesia umumnya menggunakan 110 – 300 gsm.

 

Dalam tips memilih bahan kardus kali ini kita tidak akan membahas Gramatur dalam Kraft karena biasanya produsen atau sales kardus dalam sebuah perusahaan akan merekomendasikan sesuai dengan ketersediaan bahan. Gramatur yang tipis dapat diatasi dengan FLUTE yang tebal, begitu juga dengan WALL yang bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Grosir Kardus Packing Polos 1Kg Solo
Grosir Kardus Packing Polos 1Kg Solo

 

Kami menyediakan kardus dengan spesifikasi SINGLE WALL B FLUTE KRAFT MEDIUM ukuran 25x19x16cm dengan harga terbaik di Kota Solo. Sebelum memilih untuk membeli kardus, pastikan anda mengetahui spesifikasi kardus yang anda butuhkan selain ukuran.

 

Dalam bahasa produsen kardus anda mungkin akan menemui tulisan seperti :

  • Single Wall K x M B/F (Berarti Single Wall, Kraft Medium atau Gramatur Sedang, B Flute atau ketebalan Kertas Bergelombang 3.00mm)
  • CRG SW/BF K200/M125/K150 (Berarti Currogated Single Wall, B Flute, Kraft 200gsm, Medium 125gsm, Kraft 150gsm)

 

Itulah tadi sekilas mengenai tips memilih bahan kardus untuk keperluan packing anda. Tidak mau ribet memikirkan spesifikasi produk kardus ? Anda dapat membeli kepada kami Xplod Company Grosir Kardus Polos di Solo dengan spesifikasi sesuai standar pengemasan produk dengan harga terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *