Tips Jitu Terbaru Sukses Jualan Online di Lazada Tips Jual Beli Online di Lazada

Membahas seluk beluk mengenai strategi penjualan produk di beberapa platform marketplace di Indonesia. Memberikan tips untuk sukses berjualan produk online di berbagai platform marketplace. Tips terbaru yang akan kita bahas kali ini adalah tips sukses berjualan online di Lazada. Tips sukses berjualan online di Lazada dapat anda praktekkan langsung pada platform marketplace bersangkutan. Tips sukses jual beli online di Lazada merupakan informasi terbaru yang kami update dan perbarui pada tahun 2020 berbarengan dengan munculnya berbagai fitur baru di platform marketplace Lazada.

 

Lazada seperti pada kebanyakan platform marketplace lainnya, menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan. Fitur dalam pengaturan toko di Lazada bisa dibilang paling menarik setelah Shopee. Berbeda dengan Shopee, Tokopedia dan Bukalapak di Lazada tidak tersedia uang virtual yang bertambah apabila terjadi penjualan di toko kita. Lazada menggunakan sistem pembayaran mingguan seperti hal nya BliBli.com dan Zilingo.com.

 



Tips Sukses Jualan di Lazada yang pertama adalah desain toko anda semenarik mungkin.

 

Lazada memiliki kelebihan dibandingkan dengan Tokopedia dan Bukalapak mengenai kemampuan desain toko penjual. Sebagai penjual kita dapat mengatur sendiri tampilan toko kita dengan berbagai layout dan fitur yang tersedia. Kita dapat mengatur tampilan banner toko, produk unggulan toko, voucher toko dan layout toko kita sendiri.

 

Pastikan anda memanfaatkan benar kelebihan ini dengan mendekorasi toko anda sebaik mungkin. Dekorasi dapat anda lakukan dengan menyesuaikan berbagai fitur yang ada seperti banner (dengan ukuran tertentu), layout produk carousel yang dapat membuat tampilan toko anda lebih interaktif, dan desain gambar produk yang dapat anda sesuaikan dengan tema toko anda.

 

Toko Xplod Company di Lazada
Toko Xplod Company di Lazada

 

Di Lazada kita akan menerima laporan mingguan tentang toko kita. Mulai dari jumlah pengunjung, konversi pengunjung menjadi pembeli, rata – rata pemasukan harian dan berbagai fitur lainnya yang dapat anda akses apabila anda mendownload aplikasi Seller Center. Anda dapat memonitor berapa jumlah pengunjung harian anda untuk selanjutnya dianalisa agar mampu menaikkan jumlah pengunjung harian di toko anda.

 



Tips Sukses Jualan di Lazada berikutnya adalah manfaatkan program gratis ongkir. Apabila anda adalah penjual, maka manfaatkanlah fitur Cashless atau pengiriman produk gratis melalui JNT dan JNE

 

Ketika anda mencari produk dengan kata kunci tertentu, anda akan mendapati beberapa produk dilabeli “free ongkir” beberapa yang lain tidak. Inilah perbedaan dari seller yang menggunakan fitur Cashless dengan yang tidak. Meskipun tertulis “free ongkir” namun program gratis ongkir dari semua marketplace tetap menerapkan syarat dan ketentuan. Tidak semua penjualan gratis ongkir dan tidak semua wilayah tercover gratis ongkir.

 

Hal ini memang salah satu kelemahan jual beli online di Indonesia. Luasnya wilayah dengan distribusi dan pengiriman yang sulit dan tidak merata membuat program gratis ongkir hanya terbatas pada wilayah – wilayah tertentu saja.

 

Toko gratis ongkir di Lazada
Toko gratis ongkir di Lazada

 

Sebagai penjual pengaktifan program Cashless ini sangat membantu dalam pengiriman produk dan pencatatan keuangan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengirim produk anda. Anda cukup memilih ekspedisi (yang dapat anda pilih ketika akan mengirim produk ke pembeli) untuk program cashless ini dan mendapatkan kode booking. Sangat mudah, murah dan simple.

 



Tips Sukses Jualan di Lazada yang terakhir adalah aktifkan fitur COD atau Cash On Delivery. Fitur COD atau bayar di tempat adalah fitur yang dapat meningkatkan penjualan toko anda.

 

Sama seperti fitur Cashless, fitur COD di Lazada dapat anda aktifkan dari Seller Center. Pada artikel ini kita tidak akan membahas cara teknis pengaktifan masing – masing fitur karena akan kita tulis dalam artikel lain. Kita akan membahas teori penggunaannya yang akan menunjang penjualan toko anda.

 

Sangat disayangkan fitur COD ini hanya berlaku bagi seller di area tertentu. Fitur ini dapat dinikmati oleh konsumen anda yang tidak memiliki rekening di bank, kartu kredit, maupun fitur pembayaran online lainnya. Pembeli anda cukup membeli produk kemudian menunggu produk datang ke rumah untuk selanjutnya dibayarkan langsung oleh pembeli.

 




Sebagai seller ada sisi positif dan negatif dari fitur ini. kelebihan dan kekurangan fitur COD ini dapat anda baca pada artikel kami yang lain yakni “Fitur COD di Marketplace, Pedang Bermata Dua Bagi Seller di Marketplace”. Meskipun memilki resiko namun pengaktifan fitur COD dapat meningkatkan penjualan produk di toko anda.

 

Demikian tadi adalah 3 tips sukses jualan online dan untuk meningkatkan penjualan anda di platform marketplace Lazada. Lazada merupakan salah satu platform marketplace yang dapat anda perhitungkan dalam memasang iklan dan menjual produk anda.

 

Sebagai catatan pembayaran di marketplace Lazada dilakukan dengan metode pembayaran mingguan. Anda tidak perlu bingung kemana uang dari penjualan anda akan masuk karena laporan keuangan akan muncul di halaman seller center anda setiap minggunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *