Proses dan Prosedur Pembayaran Penjualan Seller di Zilingo Seluk Beluk Berjualan Online di Zilingo

Membahas seluk beluk jualan online di platform e-commerce dan berbagai topik seputar jual beli online. Setelah sebelumnya kita membahas prosedur pembayaran penjual untuk seller di Lazada, pada artikel ini kita akan membahas prosedur pembayaran produk kepada seller di platform e-commerce Zilingo. Kami merupakan salah satu seller di platform belanja online khusus fashion, Zilingo. Sebagai seller di Zilingo kami akan memberikan informasi seputar pembayaran hasil penjualan di Zilingo. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa e-commerce menerapkan sistem pembayaran yang berbeda dengan marketplace, kita akan membahas prosedur pembayaran hasil penjualan seller di Zilingo.

 

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Zilingo juga mengizinkan penjual perorangan untuk menjual produk di platform mereka. Kenyataannya memang seorang penjual online baik perorangan maupun perusahaan dapat berjualan di platform tersebut. Zilingo mengizinkan penjual perorangan untuk berjualan di Zilingo dengan syarat dan ketentuan yang harus sesuai dengan standar Zilingo.

 

Toko Xplod Company di Zilingo
Toko Xplod Company di Zilingo

 

Bagi penjual perorangan non-perusahaan seperti kami, menjual produk di Zilingo cukup mudah. Yang tersulit bagi kami adalah standar gambar dengan background putih yang dimoderasi dengan sangat ketat. Marketplace maupun e-commerce lain yang saat ini sudah sangat terbuka akan desain gambar dan editing, di Zilingo hal ini masih sangat sulit di lakukan. Modifikasi gambar produk dengan elemen yang dapat meningkatkan penjualan yang dapat diterapkan di platform lain seperti Lazada dan JD ID, tidak dapat diterapkan di Zilingo.

 

Nah, pada artikel ini kita akan mengkhususkan membahas mengenai prosedur pembayaran oleh Zilingo. Yang perlu diketahui ketika berjualan produk di Zilingo adalah pihak marketplace akan menerapkan Fee bagi setiap penjualan yang dilakukan di platform mereka. Lazada, JD ID, Bahkan STAR SELLER SHOPEE juga akan dikenai fee apabila terjadi penjualan. Sebuah Fee dan Komisi yang masuk akan mengingat sebagai seller kita hanya menumpang berjualan menggunakan platform mereka, jadi merupakan hal yang wajar apabila berjualan di platform online akan dikenai komisi.

 



Di Zilingo mereka menerapkan 20% fee dari harga akhir penjualan produk dari Seller. Jadi sebagai seller kita harus menaikkan harga 20% terlebih dahulu dan membebankan fee kepada konsumen.

 

 

Selain komisi atau fee 20% Zilingo juga menerapkan biaya ongkos kirim Rp 12.000 perkilo dan Rp 5.000 untuk fasilitas pick up gratis dari perusahaan ekspedisi ke lokasi seller.

 

Sebagai seller kita harus menambahkan Rp 12.000/kg ditambah Rp.5000 untuk pengiriman produk dan 20% dari harga akhir merupakan komisi atau fee untuk Zilingo. Dengan mengatahui skema diatas anda akan mendapatkan pembayaran seharga produk anda DIKURANGI 20% bagi Zilingo dan Rp 17.000 sebagai ongkos kirim yang dihitung Flat kemanapun produk anda akan dikirimkan nantinya.

 

Skema ini cukup menguntungkan bagi seller dikarenakan kita tidak harus mengeluarkan uang untuk ongkos kirim. Bahkan kita tidak perlu mengirimkan produk kita ke drop point atau perusahaan pengiriman paket, mereka akan datang menjemput paket ke lokasi anda sebagai bentuk kerjasama mereka dengan Zilingo. Pihak ekspedisi akan menjemput paket ke lokasi anda meskipun anda hanya memiliki 1 paket.

 

Kembali ke persoalan pembayaran, setelah mengetahui pembagian hasil penjualan anda akan mendapatkan laporan penjualan mingguan yang dapat anda lihat pada seller center sama seperti Prosedur Pembayaran di Lazada yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Apabila Lazada menerapkan rekapan dalam bentuk halaman web, di Zilingo rekapan penjualan anda akan berbentuk file Excel yang harus anda download terlebih dahulu untuk mengetahui detailnya.

 

Tips berjualan online di Zilingo
Tips berjualan online di Zilingo

 

Setelah mendownloadnya anda akan dapat mengetahui penjualan dan produk produk yang sudah berhasil terkirim dan dibayar oleh konsumen anda. Cukup mudah untuk dipahami.

 

Pembayaran akan dilakukan di hari Kamis atau Jumat dan akan langsung masuk ke rekening yang anda daftarkan ketika mendaftar menjadi seller di Zilingo. Anda akan mendapatkan notifikasi email dari sistem pembayaran Zilingo setiap kali pihak Zilingo membayarkan kepada anda.

 

Sama seperti di Lazada, di Zilingo pembayaran dilakukan mingguan dengan transaksi sukses minggu sebelumnya dibayarkan di minggu berikutnya, dan akan terus berulang.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *