Prosedur Pembayaran E-Commerce Kepada Seller – Seluk Beluk Jual Beli Online

Membahas seluk beluk mengenai jual beli online. Membahas berbagai macam proses berjualan produk secara online di platform marketplace dan e-commerce yang ada di Indonesia. Pada artikel ini kita akan membahas proses dan prosedur pembayaran seller Lazada. Kita juga akan membahas penggantian hasil penjualan produk dari berbagai platform e-commerce kepada seller atau penjual. Kami merupakan retail & wholesale online store yang menjual berbagai produk di marketplace dan e-commerce yang ada di Indonesia. Kami merupakan seller di Lazada, Star Seller di Shopee, Seller di JD ID dan berbagai platform marketplace dan e-commerce lainnya.

 

E-commerce berbeda dengan marketplace dari banyak sisi. Apabila anda berjualan online di platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak anda akan mendapati uang virtual di akun anda yang disebut SALDO PENJUAL. Di E-commerce anda tidak akan mendapati saldo penjual, lantas bagaimana uang penjualan dari produk kita akan masuk ke kita sebagai penjual. Berikut akan kita bahas dalam artikel mengenai prosedur pembayaran hasil penjualan di e-commerce

 




Yang pertama perlu dipahami adalah, ketika anda mendaftar untuk menjadi seller di e-commerce seperti JD ID atau Zilingo anda akan diminta mengisi formulir kerjasama kontrak yang salah satunya berisi penjelasan mengenai prosedur pembayaran. Pastikan anda membaca dengan teliti kerjasama tersebut agar anda dapat memahami proses penggantian produk dan pembayaran hasil penjualan produk anda.

 

Karena pembahasan kali ini akan cukup panjang, artikel mengenai proses pembayaran hasil penjualan kali ini akan dimulai dari platform e-commerce Lazada terlebih dahulu. Hampir semua platform, baik marketplace maupun e-commerce saat ini menerapkan sistem cashless dalam operasionalnya. Cashless adalah transaksi ongkos kirim tanpa uang. Sebagai seller kita tidak harus membayar uang ketika mengirimkan produk kita pada platform dan ekspedisi tertentu.

 

Di Lazada anda juga dapat menerapkan sistem cashless pada toko. Dengan menggunakan kode booking dan ekspedisi JNT atau JNE anda dapat menggunakan metode pengiriman tidak berbayar ini. Sebetulnya Cashless sangat berbeda dengan gratis ongkir. Gratis ongkir adalah fasilitas yang didapatkan konsumen anda dengan gratis ongkos kirim, di Cashless konsumen anda tetap membayarkan ongkir namun ongkir tidak akan masuk ke anda, karena anda sebagai seller tidak membayar ongkir.

 

Toko Xplod Company di Lazada
Toko Xplod Company di Lazada

 

Ongkir akan masuk ke pihak ekspedisi dan e-commerce dengan kerjasama yang telah mereka jalin. Menerapkan Cashless juga memudahkan anda sebagai seller karena anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk membayar ongkos kirim. Anda sebagai seller dapat menghemat biaya operasional.

 

Kembali ke pembahasan awal mengenai pembayaran, dengan mengetahui bahwa anda sebagai seller tidak perlu membayarkan ongkir, maka penggantian uang yang masuk ke anda sebagai seller di Lazada adalah murni harga barang. Apabila anda menjual barang dengan harga 29.900 anda akan menerima penggantian 29.900 dikurangi pajak yang diterapkan oleh masing – masing e-commerce.

 

Penggantian hasil penjualan di Lazada akan anda dapatkan pada minggu berikutnya di hari Rabu dengan ditransfer langsung ke rekening anda. Setelah anda menjadi Seller di Lazada anda akan diharuskan mengisi biodata dan mengupload berbagai dokumen, demi kepentingan pembayaran dan verifikasi identitas. Anda diharuskan mengatur dan memberikan no rekening untuk penggantian pembayaran produk anda. Uang akan masuk ke rekening anda secara otomatis pada hari Rabu di Minggu berikutnya.

 

Transaksi yang sukses di minggu ini (misal dari hari Senin – Sabtu) akan dibayarkan minggu depan di Hari Rabu. Transaksi yang sukses pada minggu depan, akan dibayarkan pada hari Rabu minggu depannya lagi. Begitu seterusnya berulang – ulang.

 

Laporan pembayaran mingguan dari Lazada ini dapat anda lihat pada menu “Keuangan – Laporan Akun ” di Seller center. Pembayaran akan terus diupdate setiap minggu dan menginformasikan kepada seller jumlah yang ditransfer pada hari pembayaran.

 

Prosedur pembayaran seller di Lazada
Prosedur pembayaran seller di Lazada

 

 

Sebagai seller sebetulnya kita tidak terlalu memusingkan prosedur ini, karena sudah dihandle dan dikelola dengan baik oleh pihak Lazada. Keterlambatan pembayaran juga akan diberikan informasi melalui email yang anda gunakan untuk mendaftar sebagai seller. Sebagai seller kita cukup mengecek pembayaran dan jumlah apakah sesuai atau tidak.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *