Mulai Maret Saldo Penjual di Seluruh Platform Marketplace Tidak Dapat Digunakan untuk Berbelanja

Membahas seluk beluk jual beli online di Indonesia. Sebagai salah satu penjual online di berbagai platform marketplace dan e-commerce kami akan memberikan informasi terbaru terkait jual beli online. Pada artikel ini kita akan membahas saldo penjual di platform marketplace yang ada di Indonesia. Anda penjual dan pedagang online di Marketplace ? wajib membaca artikel ini.

 

Sudah kita ketahui bersama bahwa sebagai penjual online kita memiliki nominal jumlah uang di platform marketplace yang merupakan uang hasil penjualan produk kita. Di Tokopedia kita kenal dengan saldo penjual, begitu juga di Bukalapak dan Shopee. Sebelumnya saldo penjual ini juga merupakan uang yang dapat digunakan oleh seller yang ingin berbelanja online atau membeli barang dengan uang hasil penjualan produk. Namun mulai Maret 2019 ini penjual sudah tidak dapat lagi menggunakan saldo penjual untuk berbelanja.

 

Marketplace yang pertama kali menerapkan sistem ini adalah Shopee. Penjual di Shopee tidak dapat menggunakan saldo penjual untuk keperluan berbelanja. Apabila kita ingin membeli barang di Shopee kita harus melakukan transfer atau mengisi Shopee Pay terlebih dahulu yang merupakan uang virtual yang berbeda dengan saldo penjual.

 

Setelah Shopee menerapkan sistem demikian, selanjutnya adalah Bukalapak. Mulai Februari 2019 Saldo Penjual di Bukalapak juga tidak dapat digunakan untuk berbelanja. Saldo penjual hanya dapat ditarik ke rekening penjual, tidak dapat digunakan untuk membeli apapun, termasuk pulsa.

 

Selanjutnya pada Maret 2019, Tokopedia memberlakukan kebijakan yang sama. Saldo penjual di Tokopedia kini sudah tidak dapat lagi digunakan untuk membeli produk. Apa alasan dibalik kebijakan marketplace ini ?

 

Tips berjualan sukses di marketplace
Tips berjualan sukses di marketplace

 

Uang di Saldo Penjual Tidak Dapat Digunakan untuk Berbelanja Online, alasan pertama dan yang paling memungkinkan adalah faktor keamanan. Demi alasan keamanan, proses membeli produk di marketplace harus menggunakan sistem transfer.

 

Banyaknya akun yang diretas maupun bahaya yang dapat ditimbulkan apabila saldo penjual kita dapat digunakan untuk berbelanja akan sangat beragam. Bayangkan apabila anda memiliki akun tokopedia atau shopee dengan uang belasan juta di dalamnya dan akun anda diambil alih oleh orang lain. Orang tersebut akan dapat menggunakan uang anda untuk membeli barang berharga dan anda akan kehilangan uang anda dalam sekejap.

 

Uang di Saldo Penjual Tidak Dapat Lagi Digunakan Untuk Berbelanja, karena Marketplace telah bekerja sama dengan perusahaan uang virtual atau Fintech.

 

Dengan kerjasama marketplace dan fintech di bidang keuangan, mereka harus bekerja sama saling menguntungkan. Membeli online di platform marketplace saat ini dapat dilakukan dengan mengisi uang virtual pada masing – masing marketplace. Apabila Shopee memiliki Shopee Pay, Tokopedia bekerja sama dengan OVO dan Bukalapak bekerja sama dengan DANA. Anda dapat menggunakan uang virtual di OVO maupun DANA untuk berbelanja di platform marketplace yang bekerja sama dengan perusahaan fintech tersebut.

 

Sebagai penjual dan pedagang online memang cukup merepotkan apabila kita tidak dapat menggunakan saldo penjual kita untuk berbelanja. Pada umumnya seorang pedangan online juga sering membeli barang online dari Toko Online lain. Dahulu sebagai pedagang kita dapat menggunakan saldo penjual untuk berbelanja, namun sekarang tidak lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *