Mengenal Scraper, Praktek Copy Paste Akun Marketplace Dari Gambar Hingga Deskripsi Produk

Pada artikel ini kita akan membahas sebuah praktek kegiatan merugikan konsumen yang dikenal dengan istilah scraper. Pembahasan mengenai Scraper akan kita bahas dalam 3 artikel dikarenakan topik pembahasan yang luas. Kami akan memberikan tips mengenali scraper di marketplace, tips mengatasi scraper apabila anda merupakan seorang penjual, dan melaporkan scraper pada pihak marketplace yang bersangkutan untuk selanjutnya akun dan toko scraper tersebut akan di blokir.

 

Pertama kita akan membahas apa itu Scraper? Scraper adalah praktek mengkopi paste atau menduplikat toko seseorang di sebuah marketplace. Dalam beberapa bulan ini scraper atau kopi paste toko banyak sekali dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Apabila anda mendapati sebuah toko memiliki deskripsi yang sama persis, kemungkinan salah satu toko adalah toko asli, dan yang lainnya adalah pelaku scraper yang mengkopi paste toko lain.

 

Bagaimana cara kerja Scraper? Scraper banyak ditawarkan oleh oknum yang memberikan iming – iming berjualan tanpa modal dengan sistem dropship ( pengetahuan mengenai dropship dapat anda cari di artikel lain ). Untuk orang yang ingin berjualan secara online tapi tidak mau ribet, banyak yang memilih menggunakan cara instan dengan menggunakan jasa scraper yang mengkopi paste produk orang lain.

 

Mengapa banyak yang melakukan praktek Scrapping? Praktek penggunaan jasa scrapper ini dilakukan oleh orang yang ingin memulai usaha namun tidak mau ribet dan bersusah payah. Pihak yang menggunakan jasa scraper ingin merasakan bagaimana nikmatnya jual beli online tanpa harus memiliki barang, memiliki foto barang, bahkan menulis deskripsi. Mereka cukup menggunakan jasa scraper dan scraper akan mengkopi paste toko orang lain, mulai dari gambar, spesifikasi produk, hingga deskripsi.

 

Apakah scrapper menyalahi aturan dan hukum? Jawabannya adalah tidak, praktek ini sama saja dengan praktek model berjualan dropship, hanya saja praktek scrapper ini dinilai merugikan banyak pihak.

Pertama, pihak marketplace sasaran dari scrapper ini akan kehilangan kredibilitasnya dikarenakan akan banyak sekali produk duplikat dengan gambar yang sama dan deskripsi produk yang sama. Konsumen akan menjadi bingung untuk membeli produk di marketplace tersebut apabila ada ratusan produk dengan gambar yang sama dan deskripsi yang sama dengan harga yang jauh berbeda

Kedua, sebagai penjual (yang menjadi korban praktek scrapping) kerja keras anda mengambil gambar produk, mengedit, menulis deskripsi sejelas mungkin bagi konsumen setia anda, di duplikat oleh orang lain tanpa seijin anda. Sebagai penjual yang jujur anda akan merasa sangat dirugikan.

 

Praktek Scrapper Marketplace
Praktek Scrapper Marketplace

 

Baca Juga : Tips Mengenali Toko Asli dan Toko Palsu ( Scrapper ) di Shopee

 

Ketiga, sebagai pembeli atau calon konsumen kita akan merasa tidak nyaman lagi berbelanja di marketplace favorit kita apabila terdapat banyak praktek scrapper ini. akan banyak sekali produk yang membingungkan kita sebagai konsumen.

 

Selanjutnya Baca :

Tips Mengenali Toko Asli dan Toko Palsu ( Scrapper ) di Shopee

Tips Mengatasi dan Mencegah Toko Anda Di Copy Paste Oleh Scrapper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *