Mengenal Marketplace Spesialist, Jabatan dan Posisi Apakah Itu ?

Membahas seluk beluk mengenai jual beli online di berbagai platform marketplace dan e-commerce yang ada di Indonesia. Pada artikel ini kita akan membahas apa itu Marketplace Spesialist ? atau lebih tepatnya jabatan dan posisi apa itu Marketplace Spesialist ? Pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai orang yang disebut sebagai seorang Marketplace Spesialist berikut tugas dan tanggung jawabnya dalam sebuah perusahaan.

 

Pertama kita akan membahas sebuah posisi yang dikenal sebagai Marketplace Spesialist. Jabatan dan posisi ini muncul seiring berkembangannya platform marketplace di Indonesia. Marketplace adalah platform yang digunakan orang untuk menjual produk secara online seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

 

Kemunculan marketplace di Indonesia sendiri diawali oleh Tokopedia yang melihat peluang belum adanya marketplace di Indonesia pada tahun 2015. Sebelum muncul marketplace di Indonesia, kita mengenal jual beli online melalui forum dan iklan baris seperti OLX yang dulu bernama Tokobagus. Berbeda dengan iklan baris, marketplace memiliki sistem yang lebih kompleks dan canggih dengan tersedianya fitur rekening bersama atau escrow dan pelacakan resi untuk pengiriman barang keluar kota.

 

Lantas mengapa bisa muncul sebuah jabatan dan posisi di sebuah perusahaan dengan nama Marketplace Spesialis ?

 

Ternyata tidak banyak orang yang tahu mengenai bagaimana menggunakan marketplace untuk berjualan secara efektif. Banyak sekali elemen dalam sebuah sistem marketplace yang ternyata tidak banyak diketahui oleh orang.

 

Marketplace Spesialist sejatinya adalah orang yang paham betul mengenai sebuah sistem dalam marketplace. Sebut saja Shopee dengan beragam promo yang bisa kita atur sendiri di dalamnya. Seorang Marketplace Spesialist adalah orang yang paham betul mengenai bagaimana mengatur seluruh fitur di dalam platform marketplace agar penjualan produk Anda menjadi efektif.

 

Banner Xplod Company Star Seller Shopee
Banner Xplod Company Star Seller Shopee

 

Mungkin banyak dari Anda yang akan bertanya, memang sulit ya berjualan di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dll ? Berjualan di Marketplace memang tidak sulit, namun bagaimana barang kita jual bisa laku, itu adalah hal yang sulit. Anda harus berkompetisi dengan ribuan seller lain yang mengalokasikan banyak sumber daya mereka di platform marketplace.

 

Seorang Marketplace Spesialist dapat berkompetisi dan memahami kelemahan – kelemahan apa saja yang ada pada toko kompetitor Anda.

 

Sebagai gambaran, ada belasan cara untuk meningkatkan penjualan toko anda di Marketplace. Berikut ini adalah gambaran peta kerja seorang Marketplace Spesialist untuk meningkatkan penjualan produk.

 

  • Level Basic Pemahaman Seorang Marketplace Spesialist

Pembuatan Akun (Dengan Gmail)

Verifikasi Akun (Upload KTP, Pengisian Data Diri, Verifikasi Identitas)

Pengaturan Akun (Meliputi : Pengaturan Pengiriman, Ekspedisi yg Dipilih, dll)

Familiarisasi Layout Seller Center (Control Panel Seller)

Membuat Gambar Banner, Icon, dan Gambar Produk

Penambahan Produk (Pemilihan kategori, pengisian deskripsi efektif, pemberian varian)

 

  • Level Intermediate Pemahaman Seorang Marketplace Spesialist

Design Etalase (Pengelompokkan produk)

Penentuan Harga

Penggunaan Fitur Naikkan Produk

Pengaturan Promo Paling Efektif (Promo Toko, Flash Sale Toko, Promo Shopee, Fleksi Combo, dll)

Pengaturan Iklan (Advertising)

 

  • Level Expert Pemahaman Seorang Marketplace Spesialist

Pemrosesan Pesanan Masuk dari Berbagai Ekspedisi (JNT, JNE, Pos Indonesia, Indah Logistik)

Proses Pemenuhan Pesanan (Fitur Pickup atau Antar Sendiri)

Pembeli Mengajukan Komplain & Pengembalian Barang

Menyelesaikan Permasalahan Dalam Pengiriman

Berbagai Komplain dan Kemungkinan Kekeliruan Yang Dapat Terjadi

Pemberian Rating oleh Konsumen, Pembelian Ulasan Balik, Pemanfaatan Fitur Ulasan Balik

 

Platform marketplace untuk berjualan online memang terkesan simple dan mudah dipahami, namun siapa yang menyangka ada banyak sekali ilmu yang dapat kita pelajari hanya dari 1 platform tersebut.

 

Tugas seorang Marketplace Spesialist adalah orang – orang yang benar – benar memahami seluruh operasional, pengoptimalan, bahkan hingga handle komplain apabila terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam pemrosesan pesanan. Demikian adalah sedikit pengetahuan mengenai seorang Marketplace Spesialist.

 

Sudah mencoba berjualan online tetapi tidak ada yang membeli ? Sudah membuka toko online, tp toko online Anda tidak ada yang mengunjungi ? konsultasikan dengan kami Xplod Techno Corp. Kami merupakan seorang Marketplace Spesialist yang dapat membantu Anda mengoptimalkan bisnis Anda.

 

Mengenal apa itu Marketplace Spesialist
Mengenal apa itu Marketplace Spesialist

 

Konsultasi tatap muka mulai tersedia kembali setelah bulan Juli 2020, dengan potongan harga terbaik hanya untuk Anda. Nantikan promo kami selanjutnya mengenai jasa konsultasi toko online di Marketplace dan kami Xplod Techno Corp Marketplace Spesialist. Anda dapat menemukan toko kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan JD ID untuk melihat kredibilitas kami.

2 Replies to “Mengenal Marketplace Spesialist, Jabatan dan Posisi Apakah Itu ?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *