Distributor Beras di Solo, Faktor yang Mempengaruhi Rasa Pulen Pada Beras

Setelah sebelumnya kita membahas Penyebab Beras Berbau Apek, pada artikel ini kita akan membahas faktor apa sajakah yang mempengaruhi rasa pulen pada beras. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai kadar amilosa dalam beras. Rasio Amilosa / Amilopektin dalam beras sering disebut sebagai kadar amilosa.

Berdasarkan kandungan amilosanya, beras dibagi menjadi 4 golongan. Pertama adalah beras dengan kadar amilosa tinggi yakni 25 – 33%, beras dengan kadar amilosa sedang yakni 20 – 25%, beras dengan kadar amilosa rendah yakni 9 – 20%, dan beras dengan kadar amilosa sangat rendah yakni 2- 9%.

Apa pengaruh kadar amilosa dalam beras terhadap tingkat kepulenan nasi? Kandungan amilosa dalam beras mempengaruhi sifat pemekaran volume nasi, keempukan serta kepulenan nasi. Semakin rendah kadar amilosa dalam beras maka beras tersebut akan lebih pulen.

Beras dengan kadar amilosa rendah menghasilkan nasi dengan sifat tidak kering dan dengan tekstur pulen, tidak mengeras ketika beras tersebut menjadi dingin, dan beras akan terlihat mengkilap. Semakin mengkilap nasi tersebut maka semakin enak rasa nasi tersebut.

Salah satu jenis beras dengan kadar amilosa sangat rendah adalah beras ketan. Beras ketan memiliki kadar amilosa sangat rendah, yakni 1 – 2%. Oleh sebab itu beras ketan tidak banyak mengalami pemekaran ketika selesai dimasak. Beras seperti jenis PB atau IR memiliki daya mekar yang tinggi namun cepat menjadi keras setelah beras tersebut dingin dan tidak lengkat nasinya.

 

Baca Juga :

Nasi Instan dan Beras Cepat Masak

Xplod Company Distributor Beras 5 Kg di Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *