Distributor Beras di Solo, Beras Unggulan di Indonesia dan Negara Asia Tenggara

Beras jenis unggulan di Indonesia dikenal dengan istilah beras menak, beras bangsawan atau beras petinggi. Salah satu contoh beras unggulan yang berasal dari Jawa adalah beras Rojolele dan Cianjur dari Jawa Barat. Dari Sumatra Utara terkenal beras menak dengan nama Siarias, sedangkan dari sumatra selatan adalah Empat Bulan.

 

Selain di Indonesia di negara Asia tenggara juga memiliki beras menaknya sendiri. Di Jepang terdapat beras yang disukai oleh penduduknya yakni beras dengan nama Toyonishiki dan Koshihikari. Di Filipia beras menak dikenal dengan nama Azucera, Milfor dan C4. Beras C4 kemudian berkembang pesat di Jawa Barat sebagai beras kelas atas. Di India dan Pakistan juga terkenal beras menak dengan nama yang disebut beras Basmati.

 

Beras Unggulan di Asia Tenggara
Beras Unggulan di Asia Tenggara

 

Beras jenis unggulan ini pada umunya memiliki harga yang lebih mahal daripada beras kualitas biasa, dan lebih sulit diperoleh. Seperti beras Basmati di India yang memiliki harga 2x lipat dari harga beras kualitas standar. Di Indonesia, harga beras Cianjur Kepala misalnya, memiliki harga lebih dari 2x lipat dari harga beras standar seperti IR36.

 

 



 

 

Mahalnya harga beras menak disebabkan oleh rendahnya tingkat produksi beras menak per hektar, lamanya waktu tanam, rendemen gilingnya yang rendah serta kurang dapat menahan serangan hama dan penyakit. Oleh sebab itu di Indonesia penanaman beras kualitas unggul ini dinilai sebagai gerakan yang asosial.

 

Baca Juga :

Xplod Company, Distributor Beras 5 Kg di Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *